Selasa, 23 Juni 2009

KURSI BAB / TOILET

Kursi BAB, kursi toilet atau Commode adalah kursi yang berfungsi sebagai 'toilet' yang dilengkapi dengan ember penampung urine atau pembuangan BAB yang dapat dilepas/pasang.

Untuk mempermudah mobilitas pasien ke kamar mandi/toilet, pada kaki kursi ini ada yang dilengkapi dengan roda-roda kecil berikut rem anti-slip. Umumnya Kursi BAB standar bisa diletakkan tepat diatas lubang toilet (type toilet duduk), jika ember penampung dilepas.

Kursi ini dapat juga dipergunakan sebagai tempat duduk pasien pada saat dimandikan, oleh sebab itu Kursi BAB terbuat dari bahan alumunium, fiber atau materi lain yang tidak mudah berkarat.

Pemeliharaan commodes ini sangat mudah dan sederhana, agar higienis tetap terjaga harus dikeringkan setelah pemakaian dan disarankan ember BAB dibersihkan dengan cairan khusus anti-bakterial yang dapat dibeli di apotik.
Sebagai tambahan informasi, untuk mengangkat, memindahkan pasien dari tempat tidur, kursi roda atau lantai selain dipindahkan dengan cara diangkat/ digendong oleh perawat ada juga alat untuk mempermudah pemindahan pasien yang disebut hoist crane. (en).

BAB = singkatan "Buang Air Besar'.
Hoist Crane = alat bantu angkat sejenis 'crane' untuk mengangkat/memindahkan pasien.

Tidak ada komentar: