Pusat Penyewaan Alat Medis di Jalan Brantas No.7 Bandung ☎ (022) 7272416 / 70567947

Pusat Penyewaan Alat Medis di Jl. Brantas No.7 Bandung ☎ (022) 7272416 / 70567947 | Email : info@griyakami.com | YM : homecaregriyakami

Rabu, 10 Juni 2009

KURSI RODA [WHEELCHAIR]

Akhir-akhir ini kerap dijumpai pengguna kursi roda (wheel-chair) di tempat umum seperti mall maupun pusat pertokoan yang berfasilitas lift. Pengguna kursi roda bukan saja manula, namun remaja bahkan anak-anak. Model kursi rodanyapun lebih trendy dan bervariasi, seperti beroda kecil – sejenis roda stroller, materialnya terbuat dari bahan pilihan dan berwarna menarik.

Kursi roda (Wheelchair) merupakan alat bantu medis untuk mobilitas pasien, baik kegiatan didalam maupun di luar ruangan.
Ada berbagai jenis model kursi roda, baik manual maupun kursi roda elektrik (kursi roda bertenaga battery / motorized wheelchair yang dilengkapi dengan remote) namun keduanya sebenarnya mempunyai fungsi yang sama. Hanya kursi roda elektrik mempunyai lebih banyak fitur.

Kursi roda tersedia di Griyakami Homecare adalah Kursi Roda Standard dan Kursi Roda Reclyning. Keduanya jenis kursi roda manual dan bisa dilipat.

Kursi Roda Standard
kursi roda standard

Kursi Roda yang umum digunakan oleh pasien di RS maupun di rumah. Kursi roda ini sangat sederhana modelnya dan pada bagian sandaran tidak dapat direbahkan.
kursi roda standard


Kursi Roda Reclyning
kursi roda reclyning

Kursi roda yang pada bagian sandaran punggung bisa direbahkan dengan kemiringan ± 145°-180° sesuai dengan kebutuhan pasien, begitu juga dengan bagian kaki yang dapat dinaik-turunkan. Kursi roda ini biasanya digunakan oleh pasien penderita stroke atau pasien yang mempunyai kelemahan/masalah pada bagian punggung.

Karena ada bagian-bagian tertentu yang bisa diatur, Kursi Roda Reclyning ini bisa juga dipakai untuk pasien yang menjalani therapy diatas kursi roda.

Kursi Roda CP

kursi roda CP

Kursi Roda khusus penderita Cerebral Palsy (CP) ini mempunyai model unik karena didesain khusus sesuai dengan ukuran tubuh, postur dan kebutuhan penderita CP. Kursi roda ini biasanya dilengkapi assesories tambahan seperti bantalan penyangga pada kepala, tangan dan kaki, tergantung kebutuhan.

kursi roda CP

Dalam memilih kursi roda khusus, terutama untuk penderita Cerebral Palsy sebaiknya pasien konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli yang bersangkutan (dokter syaraf, ahli orthopedi atau dokter ahli rehab) agar kursi roda yang dipergunakan sesuai dengan ukuran tubuh, kebutuhan dan kegiatan pasien.

Hal terpenting yang harus diperhatikan jika pasien menggunakan kursi roda khusus adalah alat tersebut selain membantu sekaligus melatih pasien untuk menempatkan postur tubuh pada posisi yang seharusnya, yaitu dengan cara memberi bantalan penyangga pada bagian tubuh tertentu. Ada kursi roda CP yang pada bagian tertentu dapat diatur sesuai dengan pertumbuhan tubuh pasien.

Cara Pemeliharaan Kursi Roda
Secara keseluruhan, pemeliharaan kursi roda sangat mudah dan sederhana, hanya dilap dengan lap kering pada setiap bagiannya. Khusus bagian roda dapat diberi minyak pelumas.

kursi roda dalam keadaan dilipat

Pada umumnya kursi roda bisa dilipat atau partial-nya bisa dilepas jika tidak dipergunakan, hal ini berguna untuk menghemat ruang penyimpanan. [seperti contoh gambar disamping].


Griyakami Homecare selain menyewakan kursi roda dan alat medis lainnya, juga menerima pemesanan kursi roda khusus (custom-made order) yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien, seperti contoh Kursi Roda Cerebral Palsy (CP).

Desain dan pembuatan kursi roda Cerebral Palsy ini memerlukan ketelitian dan kesabaran dalam pengukuran tubuh pasien, selain itu diperlukan tahap 'fitting' sebelum tahap penyelesaian agar kursi roda benar-benar sesuai dengan postur tubuh pasien dan kebutuhannya.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai penyewaan alat kesehatan atau pemesanan alat medis khusus, silahkan menghubungi Griyakami Homecare di (022) 7272416 atau (022) 70567946 / 47


Tips memilih kursi roda :
  • fungsi dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan pasien.
  • nyaman untuk menyangga postur tubuh pasien pada saat duduk maupun berbaring.
  • khusus untuk pasien stroke (berat) dan Cerebral Palsy, sebaiknya kursi roda dilengkapi dengan ikat pinggang pengaman.

  • [endah]

    Tidak ada komentar: